Tuesday, May 27, 2014

Contoh SCM Pada Perusahaan

Untuk contoh Supply Chain Management pada perusahaan, kami memilih Telkom Indonesia sebagai contoh dari tugas SCM ini.


1. Gambaran mengenai perusahaan tersebut ?

Telekomunikasi.
Telekomunikasi adalah bisnis legacy Telkom . Sebagai ikon bisnis perusahaan , Telkom melayani Plain Layanan Telepon Biasa ( " POTS " ) koneksi wireline , fixed wireless , layanan komunikasi data, broadband , satelit , jaringan dan sewa interkoneksi , serta layanan telepon seluler melalui anak perusahaannya , Telkomsel . Jasa telekomunikasi Telkom mencapai semua segmen pasar mulai dari pelanggan individu untuk usaha kecil dan menengah ( " UKM " ) serta korporasi .

Informasi.
Layanan informasi adalah model bisnis yang dikembangkan oleh Telkom di Ekonomi New Business (" NEB " ) . Layanan ini memiliki karakteristik layanan terpadu untuk memfasilitasi proses bisnis dan transaksi yang mencakup Value Added Services ( " VAS " ) dan Dikelola Aplikasi / IT Outsourcing ( " ITO " ) , e - Payment dan IT Enabler Layanan ( " ITES " ) .

Media.
Media merupakan salah satu model bisnis Telkom yang dikembangkan sebagai bagian dari NEB. Layanan Media menawarkan Free To Air ( " FTA " ) dan Pay TV untuk gaya hidup digital modern .

Edutainment.
Edutainment adalah salah satu layanan andalan dalam model bisnis NEB Telkom dan ini menyasar segmen pasar anak muda . Telkom menawarkan berbagai layanan termasuk Ring Back Tone ( " RBT " ) , isi SMS , portal dan banyak lagi .

Service.
Layanan pelanggan Telkom model bisnis yang berorientasi . Hal ini sejalan dengan Portofolio Pelanggan Telkom untuk Pribadi , Konsumen / Home , UKM , Enterprise, Grosir dan Internasional .


2. Subsidiaries dari Telkom ?

Sebagai perusahaan telekomunikasi, Telkom Group terus mengupayakan inovasi dalam sektor-sektor lain selain telekomunikasi, dan membangun sinergi antara semua produk, layanan dan solusi, dari bisnis legacy ke New Wave Business. Dalam rangka meningkatkan nilai bisnis, pada tahun 2012, Telkom Group mengubah portofolio bisnisnya menjadi TIMES (Telecommunication, Information, Media & Edutainment Service). Untuk menjalankan portofolio bisnis, Telkom Group memiliki empat anak perusahaan, yaitu :
PT. Telekomunikasi Indonesia Selular (Telkomsel),
PT. Telekomunikasi Indonesia International (Telin), 
PT.Telkom Metra, dan
PT. Daya Mitra Telekomunikasi (Mitratel).


3. Bahan utama Telkom ?

Bahan utama yang dimiliki oleh Telkom Indonesia adalah Telekomunikasi.
Sebagai ikon bisnis perusahaan , Telkom melayani Plain Layanan Telepon Biasa ( " POTS " ) koneksi wireline , fixed wireless , layanan komunikasi data, broadband , satelit , jaringan dan sewa interkoneksi , serta layanan telepon seluler melalui anak perusahaannya , Telkomsel . Jasa telekomunikasi Telkom mencapai semua segmen pasar mulai dari pelanggan individu untuk usaha kecil dan menengah ( " UKM " ) serta korporasi .


4. Investasi Perusahaan ?

Patrakom : Strategic telekomunikasi IT dan solusi,
Bangtelindo : perencanaan Telekomunikasi, konstruksi, instalasi dan pemeliharaan perusahaan,
Pasifik Satelit Nusantara : perusahaan telekomunikasi satelit, dan
Citra Sari Makmur : satelit dan jaringan terestrial perusahaan.


5. Strategi dari Telkom ?

Center of excellence.
Fokus pada pertumbuhan yang tinggi atau nilai tinggi portofolio.
Mempercepat ekspansi internasional.
Biaya transformasi.
IDN (id-akses, id-Ring, id-Con) development.Indonesia Digital Solution ("IDS") - layanan konvergen dalam ekosistem digital solution.Indonesia Digital Platfrorm ("IDP") - Platform enabler untuk pengembangan ekosistem.
Pelaksanaan sistem manajemen anak perusahaan terbaik.
Mengelola portofolio melalui BoE dan CRO.
Meningkatkan sinergi dalam Telkom Group.


6. Product yang dihasilkan oleh Telkom ?

- Telkom Flexi,
- simPATI,
- Kartu Halo,
- Groovia TV,
- Telkom Speedy,
- Telkomsel Flash,
- Kartu AS,
- Yes TV,
- FlexiNet.

Pada survey yang telah kami lakukan kami mendapat penjelasan tentang SCM yang terjadi di perusahaan tersebut, yaitu :

1.     Bahan utama dari Perusahaan adalah telekomunikasi.
Telekomunikasi diolah secara apik oleh perusahaan sehingga dapat memberikan produk yang sesuai dengan kemajuan teknologi dan kebutuhan pasar saat ini.
2.  Perusahaan ini bekerja sama dengan dealer-dealer yang ada di seluruh Indonesia dan salah satunya adalah Telesindo.
Kerjasama dilakukan dengan berbagai dealer dan banyak PT terbaik di Indonesia untuk menghasilkan keuntungan bisnis yang sama-sama menguntungkan.
3. Secara tidak langsung berarti Perusahaan ini mempunyai banyak distributor dan salah satunya adalah PT.Telesindo juga.
Distributor yang jumlahnya banyak dan ternama akan menjajikan produk tersebar merata di seluruh Indonesia.

Distributor yang jumlahnya banyak dan ternama akan menjajikan produk tersebar merata di seluruh Indonesia.

No comments:

Post a Comment